Juni 19, 2015

Tips Usaha Sampingan

Kali ini, saya akan berbagi cerita mengenai usaha sampingan atau usaha diluar pekerjaan utama.
Buat para mahasiswa yang baru lulus, biasanya akan mempunyai target untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang besar. Daftar sana sini dan mengikuti seleksi merupakan pemandangan biasa bagi lulusan baru yang ingin meniti karir. Tapi tidak semua orang akan mendapatkan pekerjaan yang dia harapkan.

Saat anda lulus, banyak sekali faktor yang mempengaruhi dalam recruitment di perusahaan. Anda pasti sering mengalami, teman yang di kelasnya juara terus kadang terpeleset saat mengikuti recruitment dan teman yang biasa biasa saja malah dapat pekerjaan yang dianggap favorit.
Itu merupakan hal yang sangat wajar, karena dalam kehidupan yang sesungguhnya banyak faktor2 yang mempengaruhi seperti misalnya dalam memilih pekerjaan.

Tapi jangan khawatir, Tuhan tidak jahat. Mengapa ? Karena pada dasarnya setiap manusia itu diberi kemampuan yang berbeda beda, entah manusia itu menyadarinya atau tidak. Entah manusia itu mau mengembangkannya atau tidak. Jadi, rejeki itu pada dasarnya bisa diusahakan.
Buat kalian yang usia nya menginjak 23 tahun keatas dan cowo, pasti terpikir untuk memulai kehidupan berumah tangga. Dan yang menjadi pembahasan pertama adalah biaya, kalo calon mah udah yakin deeh dapet yang baik :)

Buat kalian yang kerja dengan gaji tidak terlalu besar, jangan berkecil hati. Banyak sekali cara di jaman sekarang ini asal kita mau berusaha dengan baik. Anda bisa menekuni pekerjaan yang sudah ada, juga bisa memulai usaha yang baru yang berasal dari hobi ataupun ide ide yang tiba tiba kebayang gitu..

Langkah pertama, jangan terlalu banyak mikir. Terlalu banyak mikir bisa bikin ide ide ilang gitu aja.
Usahakan ide anda bisa terealisasi, masalah modalnya itu bisa dengan modal sedikit dulu. Coba coba gitu deh. Jadi kalaupun gagal, ga akan gede banget rugi nya.
Inget ya, gagal itu proses menuju keberhasilan.

Buat yang sudah menikah, bicarakan ide anda dengan pasangan. Usaha atau ide bisnis apa yang ingin anda jalani. Selalu ada jalan bagi yang mau berusaha.

Jika anda tidak punya ide sama sekali, coba anda jalan jalan dan lihat sekeliling. Apa yang anda lihat bisa jadi adalah peluang usaha. Menurut kategorinya banyak sekali jenis usaha seperti makanan, pakaian, property, alat elektronik, dan juga masih banyak yang lainnya.

Jika anda adalah karyawan swasta, and bisa menyisihkan 20-30 % gaji untuk membeli buku yang menambah wawasan atau untuk membeli modal usaha. Ga harus untung besar pada tahap awal, yang penting usahanya lancar dulu.

Coba anda terapkan terhadap teman teman dulu, misal menjual baju atau makanan. Dari situ, akan ada saran dan improvement lainnya yang akan mendongkrak usaha anda.

Langkah pertama akan terasa sangat sulit, namun pada langkah berikutnya Insya Allah akan diberikan kemudahan. Jangan lupa juga berdo'a supaya diberikan kemudahan dalam menjalani atau memulai usaha nya, juga jangan minder atau malu. Asal halal, jalani aja :)




Bandung, 19 Juni 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar