September 10, 2015

Emas vs Uang Kertas

Assalamu'alaikum, доброй ночи !


Kali ini saya akan membahas mengenai emas dan uang kertas. Keduanya merupakan benda berharga dan dapat dijadikan sebagai alat tukar. Namun jika anda lebih jeli lagi, emas merupakan benda yang jauh lebih "sakti" jika dibandingkan dengan uang kertas. Kenapa demikian ? Berikut ini akan saya jelaskan beberapa poin yang harus anda ketahui tentang emas.

1.Nilai Tukar

Emas dan uang kertas dapat disebut benda berharga karena keduanya dapat dijadikan alat tukar. Tapi perbedaannya, emas sangat kebal terhadap inflasi. Waktu anda duduk di bangku kelas 1 SD, uang Rp. 500,- sudah cukup untuk membeli makanan dan traktir teman sebangku. Jika anda bandingkan dengan kondisi sekarang, uang Rp.500,- hanya cukup untuk mengirim 2x sms ke sesama operator.
Sedangkan emas tetap bertahan dengan "nilai jualnya". Dulu harga emas adalah Rp. 50.000,- per gram dan sekarang adalah Rp. 508.000,- per gram nya. Dari sini jelas terlihat perbedaannya, emas jauh lebih berharga jika dibandingkan dengan uang kertas.

2. Kepercayaan Nilai Tukar

Anda tahu negara Zimbabwe ? Nilai tukar mata uang negara ini sangat memprihatinkan.
Pada tahun 2013 saja, 1 USD = 642.371.437.695.221.000 Dolar Zimbabwe, bisa dibayangkan betapa tidak berharganya mata uang lokal Zimbabwe. Jika dibandingkan dengan emas, dinegara manapun ya tetap emas namanya.

3. Kualitas 

Dilihat dari segi kualitas, sudah mutlak emas jauh lebih baik jika dibandingkan dengan uang kertas.
Emas tanah cuaca, bahkan masih bisa diolah kedalam bentuk lain misalnya perhiasan.


Tahukah anda bahaw emas itu tidak hanya digunakan untuk perhiasan ?
 Selain digunakan sebagai perhiasan, emas juga digunakan untuk bahan kosmetik, manufaktur, dan teknologi elektronik. Emas disebut logam mulia karena emas sendiri tidak mengalami reaksi kimia sehingga dapat digunakan untuk bahan tambal gigi palsu. Di bidang elektronik misalnya, emas merupakan penghantar listrik yang baik dan tahan karat. Jadi dapat disimpulkan, negara negara maju sangat memerlukan emas untuk mendukung industri negara mereka !

Beberapa negara dengan cadangan emas terbesar di dunia adalah USA, Jerman, Italia, Prancis, China, Swiss, Rusia, Jepang, Belanda, dan juga India. Mereka adalah negara maju, bukan ?

Saran saya, belikan sebagian tabungan anda untuk emas. Walaupun hanya 1 atau 2 gram saja per tahun. Emas juga bisa dijadikan maskawin bagi yang akan menikah ataupun dapat dijual kembali untuk digunakan sebagai tabungan di masa mendatang. Belilah emas dengan cara yang halal, jangan sampai anda terjerat riba (misalnya berkebun emas). Perlu anda ketahui bahwa harga emas setiap tahunnya terus meningkat, jadi jangan takut bahwa emas yang anda simpan akan menjadi sia sia.

Cukup sekian, semoga bermanfaat.


Anggana, Kutai kartanegara - Kalimantan Timur





Tidak ada komentar:

Posting Komentar